31 Mei 2011

6 Alasan Batuk Anak Jangan Di Sepelekan

Batuk adalah sejenis gerak refleks saraf dan otot di sekitar saluran pernafasan. Refleks tersebut merupakan rekasi pertahanan terhadap iritasi akibat benda asing, atau terhadap sumbatan lendir.

Gerak refleks bertujuan melindungi paru-paru dan melegakan saluran pernafasan. Batuk bisa memicu penyakit yang lebih parah pada anak. Untuk itu,berikut ini ada 6 alasan mengapa Anda tidak boleh menyepelekan batuk :

1. Batuk bisa menyebabkan infeksi telinga

Batuk ternyata dapat mendorong kuman masuk ke dalam rongga telinga tengah,lewat saluran penghubung tenggorokan dan rongga telinga. Kuman yang masuk bisa menimbulkan otitis media disebut juga infeksi telinga tengah,atau lebih dikenal sebagai penyakit "congek".

2. Batuk bisa menjadi gejala dan sarana penularan penyakit tuberkulosis

Tuberkulosis primer (tuberkulosis paru-paru yang terjadi saat pertama terinfeksi) lazim terjadi pada anak. Butuhwaktu 1-2 tahun untuk mengobatinya. Waspadalah batuk kering atau bersin,karenanya bisa jadi merupakan gejala penyakit ini.

3. Batuk bisa menjadi gejala dari penyakit asma

Batuk si kecil berbunyi krok-krok? Hati-hati,siapa tahu ia mengidap asma, yakni penyempitan saluran nafas. Selain batuk,biasanya anak mengalami sesak napas dan sakit di dada.

4. Batuk bisa menjadi gejala awal dari penyakit bronkitis

Batuk kering bisa merupakan tanda awal bronkitis. Yaitu peradangan pada saluran udara di paru- paru. Gejala awal lainnya adalah pilek,hidung berair,kelelahan,demam ringan,dan nyeri tenggorokan.

5. Batuk bisa menjadi gejala dari penyakit pertusis

Pertusis adalah radang pada batang tenggorokan antaran bakteri. Kerap disebut "batuk seratus hari" atau batuk rejan. Gejala umum penyakit ini adalah batuk terutama di malam hari, pilek dan demam. Pada bayi sering disertai muntah dan pengeluaran lender kental yang dapat menimbulkan kematian,sehingga memerlukan rawat inap.

6. Batuk bisa menjadi gejala awal penyakit pneumonia

Batuk pilek yang diikuti napas cepat dan sesak napas adalah gejala radang paru-paru (pneumonia),yang kebanyakan disebabkan bakteri. Bawa si kecil secepatnya ke rumah sakit,karena penyakit ini amat berbahaya dan bisa mematikan. Data menunjukkan,angka kematian bayi akibat pneumonia meningkat setiap tahun. Bahkan organisasi kesehatan dunia (WHO) mencatat,tiap tahun sedikitnya 4 juta anak balita di dunia meninggal karenanya. Lalu apa tindakan tepat bila Anak Anda batuk?

Berikut ini tips singkat mengatasi dengan segera anak yang mengalami batuk :

1. Beri minum lebih banyak daripada biasanya.

2. Minta ia mengeluarkan dahak setiap batuk.

3. Beri obat batuk yang tepat untuk mengurangi frekuensi batuk.

4. Batasi aktifitas fisik anak,seperti berlari-lari,melopat-lompat,dsb.

5. Minta ia menghirup uap air hangat agar lendir lebih mudah dikeluarkan.

6. Beri makanan porsi kecil tapi sering. Hindari asam,pedas dan dingin.

7. Bawa ke dokter,jika gejala menetap lebih dari 5 hari,napas makin cepat, jalan napas terhambat,tak selera makan,muntah setiap makan/minum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar